PETA LOKASI

PERAN MEDIA SOSIAL DALAM BISNIS

Peran media sosial semakin diakui dalam mendongkrak kinerja bisnis ataupun merek. Efektivitas pemanfaatan tergantung pada bagaimana pemilik merek menggunakannya untuk produk yang dipasarkanya. Starbucks, Dell, Levi’s dan Apple adalah sederet merek global yang sukses didorong oleh dahsyatnya media sosial. Terutama Apple, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, dapat dikatakan lahir, tumbuh, dan besar oleh media sosial. Tangan dingin Jobs mengemas produknya membuat Apple memiliki basis fans yang fanatik dan besar di media sosial. Sampai sekarang, konsumen fanatik itu selalu update dan menunggu gebrakan Apple, kendati sang pendiri sudah meninggal dunia. Di Indonesia, Pocari Sweat, Nutrisari, Acer, XL, serta bisnis camilan keripik pedas Maicih juga berhasil mendongkrak bisnisnya lewat media sosial. Bahkan tak hanya merek, apa pun bisa sangat terkenal berkat media sosial, baik yang bersifat positif maupun sebaliknya, negatif. Yang positif seperti Raditya Dika. Kesuksesannya jadi penulis hebat berawal dari media sosial. Penulis buku Kambing Jantan yang kemudian difilmkan ini memiliki 1.989.712 follower di Twitternya. Yang terkenal karena sisi negatifnya, bisa dicontohkan Apriyani dalam kasus “Xenia Maut” beberapa waktu lalu. Intinya, media sosial adalah tool penting saat ini yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. Bagaimana tidak. Menurut Nukman Luthfi, pengamat media sosial dan pendiri Virtual Consulting, penetrasi penggunaan Internet di Indonesia setiap tahun meningkat. Tahun ini diperkirakan mencapai 60 juta pengguna dan di tahun 2015 akan ada 100 juta wow sungguh pasar yang menggiurkan untuk sebuah produk, belum lagi negara tetangga Malaysia, Singapore dan Brunei yang masih serumpun dengan kita. Jumlah tersebut didominasi pengguna mobile Internet. Dari angka total tersebut, 45 juta adalah pengguna Facebook. Dikatakan Nukman, suatu lembaga riset menyatakan, 87% pengguna berusia 14 tahun ke atas. “Itu artinya, kalau pemegang merek ingin membangun merek dan kepentingan bisnis lainnya, tetapi tidak masuk ke FB, itu pemikiran yang salah,” ujarnya. Nukman memperlihatkan fakta lainnya. Pengguna Twitter di Indonesia saat ini sekitar 8 juta orang. Indonesia menyumbangkan 15% pengguna Twitter dunia. Makanya, tak mengherankan, setiap ada kejadian apa pun, obrolan Twitter Indonesia selalu menjadi trending topic. “Ini artinya, ada sebuah media yang begitu potensial untuk dimanfaatkan bagi pemegang merek,” lanjut Nukman meyakinkan. Jadi, menurutnya, banyak hal yang bisa dimanfaatkan via media sosial, mulai dari branding, kegiatan komunikasi pemasaran, hingga hubungan masyarakat (PR).Kita bisa belajar dari Obama orang kulit hitam pertama yang menggunakan media social dan memenangkan pemilu AS. Dalam branding, umpamanya, jika terjadi akumulasi komentar positif dari pengguna merek tertentu, hal itu selain dapat meningkatkan awareness dan ekuitas merek, besar kemungkinan juga ikut meningkatkan penjualan. “Media sosial mendorong setiap aktivitas komunikasi pemasaran menjadi lebih baik,” ujar Nukman yang meyakini media sosial merupakan media massal yang mampu memberikan dampak positif/negatif lebih cepat. Tentu saja, peran pentingnya tidak bisa dilepas begitu saja dari tool pemasaran yang lain. Berbagai tool itu saling terintegrasi. Kalau sebuah merek/produk mau diluncurkan, media sosial digunakan untuk menyebar informasi yang sifatnya membuat teman atau pengikutnya menjadi penasaran. Dengan begitu, nama merek itu akan terdongkrak dan banyak dicari/ditunggu orang. Walaupun terintegrasi, efektivitas pemanfaatan media sosial tetap tergantung pada pemilik merek. Media sosial bukan sekadar tool yang terkait dengan perantinya, seperti punya akun Facebook, Twitter, dsb. Tidak demikian. Pertama-tama, pemilik merek harus mengubah pola pikir pemasarannya yang selama ini bergerak vertikal menjadi horisontal. Media sosial menstimulasi komunikasi dua arah. Karena bersifat user generated, involvement dan participations, efektivitasnya tergantung pada kesiapan perusahaan/merek untuk menyediakan infrastrukturnya dan pola kerja yang berbeda dengan sebelumnya. “Hanya perusahaan yang maju dan open minded yang bisa menerima hal ini,” ungkap Yuswohady, konsultan Inventure, kepada SWA. Berdasarkan pengamatan Enda Nasution, pakar media sosial yang juga seorang blogger, saat ini masih banyak perusahaan yang belum siap beradaptasi di era media sosial. Risikonya jelas, bahwa bisnis harus tetap relevan dengan konsumen dan stakeholder-nya. “Jika konsumen bisnis tersebut ada di media sosial, untuk stay relevant secara ideal, bisnis juga perlu ada di media sosial,” ujar Enda. Dengan memasuki media sosial, dikatakan Enda Forwanda, para pelaku bisnis akan membaca arah konsumennya, dan mengetahui apa yang mereka inginkan. Mengingat terus bertambahnya pengguna media sosial saat ini, jelas media seperti ini begitu penting perannya bagi bisnis tersebut. Dengan begitu, bisnis tersebut dapat memonitor apa yang sedang nge-tren serta dibicarakan konsumen. Selain itu, media sosial juga bisa digunakan untuk membantu pemasaran, meningkatkan awareness produk atau jasa, mengembangkan produk, ataupun merekrut SDM. Salah satunya lewat media sosial Linkedin. Lalu, bagaimana kiat memanfaatkan media sosial agar bisnis bisa sukses? Menurut Aswin Regawa, Agen Facebook Indonesia, ada empat hal yang perlu dicermati dalam menggunakan media sosial. Pertama, pengetahuan dan tujuan pembuatan akun media sosial. Jika belum memiliki konsep dan tujuan yang jelas, biasanya kurang berhasil mencapai target. Kedua, pemegang merek harus merancang strategi pemasaran yang hendak dilakukan di jejaring sosial. Facebook adalah platform untuk audiens/fan.Dimana ada SISA = Share, Interest, Search & Action. Sementara website adalah platform buat merek itu sendiri. “Jadi, mesti cerdas mengolah pesan di media-media tersebut agar fan/audiens merasa dekat,” ungkap Aswin. Ketiga, mengetahui insight konsumen/fan. Jika produknya minuman bersoda, pengelola (admin) harus tahu bagaimana meramu dan mendekatkan diri dengan fan-nya. Customer insight bisa dilihat dari segi usia fan, kebiasaannya di media sosial, demografi, apa yang disukai dan tidak, serta masih banyak lagi. Keempat, memiliki strategi jangka panjang dengan penerapan komunikasi pemasaran yang baik dan efektif. “Jangan membangun komunikasi yang taktis, tetapi harus bisa brand building. Ini kembali lagi ke poin 1-3,” katanya. Intinya, jejaring sosial adalah salah satu tool komunikasi pemasaran. Jejaring sosial harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam setiap kegiatan, penyampaian pesan, atau kepentingan apa pun. “Branding yang sukses adalah mengolaborasikan marketing tools konvensional dengan marketing tools yang modern seperti jejaring sosial,” ujar Aswin menegaskan. Tentunya, untuk membangun sosial media ada beberapa tahap yang mesti dilalui yang membutuhkan keseriusan untuk melakukannya. Misalnya, membentuk tim admin yang kompeten, menyediakan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang memadai,memiliki costumer service untuk menangani keluhan, dan adanya kemauan sang CEO untuk turun tangan. Yang terpenting dalam mengelola media sosial untuk bisnis adalah pemilihan tema atau isu. “Yang relevan saja, dan biasanya yang susah dilakukan brand adalah membuat konten yang seimbang, karena kalau terlalu banyak porsi brand-nya, nanti orang tidak mau baca,” ujar Enda. Artinya, dalam media sosial disarankan agar merek tidak melakukan hard selling( semisal tag di facebook). Pesannya harus dibuat sehalus mungkin agar tidak terkesan seperti jualan langsung. “Diperlukan better conversation di media sosial, yaitu the art of selling without selling,” Yoris Sebastian, pengamat industri kreatif dari OMG, menambahkan. Selain dilakukan sendiri oleh pihak pebisnis, dalam media sosial bisa juga digunakan endorser. “Ini tergantung pada industri atau target pasarnya. Untuk industri tertentu, seperti food and beverage, mungkin perlu ambassador sebagai role model konsumennya. Namun untuk industri pertambangan, untuk apa ada ambassador. Itu tidak penting,” tutur Wicaksono, Pemimpin Redaksi PlasaMSN dan media sosial yang terkenal dengan sebutan Ndorokakung. Endorser – disebut juga buzzer – harus disesuaikan dengan kelompok kelasnya karena setiap buzzer memiliki pengikut masing-masing. Harus diperhatikan pula apakah buzzer ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikutnya dan memiliki kreativitas yang cukup untuk membuat percakapan. Mungkin, untuk produk tertentu, dibutuhkan buzzer yang memiliki nama besar (selebritas atau tokoh publik) tanpa melihat kekuatan pengaruhnya terhadap pengikutnya. Kadang-kadang merek juga hanya ingin terlihat high profile, sehingga mereka menggunakan artis sebagai buzzer-nya. Namun, ada juga merek yang tidak memilih artis sebagai buzzer mereknya,, melainkan orang yang memiliki pengaruh yang cukup luas terhadap pengikutnya. Dengan semakin diandalkannya media sosial sebagai salah satu sarana dalam berbagai macam aktivitas, termasuk urusan bisnis, percakapan di media sosial pun meningkat. Hal tersebut akan berpengaruh pada munculnya ledakan informasi akibat dari percakapan-percakapan tersebut. Untuk itu, diperlukan suatu cara yang dapat dapat memantau percakapan di media sosial, agar nantinya tidak memunculkan kebingungan dalam mencari apa yang sedang dipercakapkan orang di dunia maya, termasuk di media sosial. Enda menyebutkan, ada beberapa langkah untuk memantau percakapan di media sosial. Bisa dilakukan secara manual, tetapi bisa juga dengan menggunakan beberapa tool. Saat ini ada produk dari luar negeri yang mampu memantau percakapan. Sebut saja, radian6. “Untuk Indonesia kami juga sedang develop, namanya Salingsilang Indeks yang sudah diluncurkan 15 Maret lalu. Intinya, kami mengumpulkan percakapan di media sosial dan kemudian menganalisis berdasarkan data yang ada, seperti lokasi, jumlah link, dan siapa yang bicara,” kata Enda. Eva Arisuci Rudjito, Direktur Pembangunan Merek Skin & Cleansing PT Unilever Indonesia Tbk., mengatakan bahwa merek harus selalu mengikuti dan cepat tanggap terhadap pembicaraan yang sedang terjadi yang menyangkut mereknya. “Makanya, kami harus tetap fokus dan konsisten terhadap key message kami,” katanya. Yang pasti, key message yang disampaikan di semua kanal media sosial harus konsisten serta relevan untuk kehidupan target pasarnya. Pasalnya, di medium ini, komunikasi berjalan dua arah, konsumen punya power bagaimana mereka menyikapi key message yang disampaikan Unilever. Faktor penting lainnya, pihaknya harus menjadi brand with a point of view, tidak hanya menjual produk, tetapi punya stand point. “Contohnya, Magnum stands for pleasure atau Lifebuoy for protection against germs,” ucap Eva mencontohkan. Ditambahkan Hardianto Atmadja, VP Commercials PT Garudafood , bahwa tema pembicaraan dalam media sosial yang dibentuk harus mencerminkan target pasar sehingga menarik minat follower karena follower tidak bisa dibeli. “Oleh karena itu, jangan membeli follower karena hasilnya pasti tidak memuaskan dan penuh rekayasa,” ia menegaskan. Menurut Hardianto, jika ingin membentuk media sosial, terlebih dulu harus mempunyai tema yang bagus, konten yang sesuai dengan target pasar , serta admin yang mempunyai kemampuan mengelola media sosial dengan baik. Apa yang diungkap Hardianto bukanlah isapan jepol. Pasalnya, saat ini marak jual-beli akun dan follower berharga selangit untuk mendongkrak popularitas sebuah merek atau perorangan yang ingin membangun personal branding. Berbicara tentang membangun personal branding di sosial media, Wicaksono memberikan tipnya. Pertama, present. Artinya, seseorang harus eksis di media sosial jika ingin membangun brand. Kedua, konsisten dalam menggunakan berbagai saluran media sosial. Misalnya, menggunakan foto atau gambar yang sama untuk profile picture di Twitter dan di Facebook. Gaya percakapannya juga harus konsisten. Misalnya, ketika di Twitter ia selalu menggunakan gaya konyol atau melucu, maka begitu juga yang harus dilakukan di Facebook. Ketiga, berlaku jujur untuk mendapatkan kepercayaan. Keempat, memiliki kompetensi dan integritas sebagai nilai tambah. Setelah semua kiat-baik dilakukan di media sosial, tak pelak, yang dicari kemudian adalah ukuran kesuksesan yang dicapai suatu merek dalam penggunaan media sosial. Untuk yang satu ini, Enda menjelaskan, tingkat kesuksesan tersebut tergantung pada tujuan setiap merek memakai media sosial. “Tergantung pada tujuannya, bisa untuk meningkatkan awareness, mengumpulkan follower/audiens, leads, sales, mengubah persepsi, jumlah traffic yang disalurkan ke website, jumlah registrasi ke website, jumlah engagement, dan lain sebagainya,” ujarnya. Yang jelas, maraknya media sosial diyakini Nukman sebagai fenomena yang tidak akan pernah mati dan tidak akan menemui titik jenuh. “Mungkin yang berubah nanti adalah salurannya saja,” katanya. Dulu Friendster, lalu Skype, Facebook, Twitter dan Google+. Bisa jadi, tahun-tahun ke depan akan ada jejaring sosial baru lagi!!! FUNGSI MEDIA SOSIAL A. Kiat Sukses Mendongkrak Merek (1) Memiliki pengetahuan dan tujuan pembuatan akun media sosial. Jika belum memiliki konsep dan tujuan yang jelas, akan kurang berhasil mencapai target. (2) Merancang strategi pemasaran yang hendak dilakukan di jejaring sosial. Facebook adalah platform untuk audiens/fan, sementara website adalah platform buat merek itu sendiri. (3) Mengetahui insight konsumen/fan. Customer insight bisa dilihat dari segi usia, kebiasaannya di media sosial, demografi, apa yang biasa disukai dan tidak, dan masih banyak lagi. (4) Memiliki strategi jangka panjang dengan penerapan komunikasi pemasaran yang baik dan efektif. Jangan membangun komunikasi yang taktis, tetapi harus bisa brand building. Ini kembali lagi ke poin 1-3. (5) Menyiapkan SDM yang mencukupi guna menciptakan tim pemasaran digital yang tangguh. B. Kiat Sukses Personal Branding (1) Present; artinya , seseorang harus eksis di media sosial jika ingin membangun brand. (2) Konsisten dalam menggunakan berbagai saluran media sosial. Misalnya, memakai foto atau gambar yang sama untuk profile picture di Twitter dan di Facebook. Kemudian, gaya percakapannya juga harus konsisten. Misalnya, ketika di Twitter selalu menggunakan gaya konyol atau melucu, maka begitu juga yang harus dilakukan di Facebook. (3) Berlaku jujur untuk mendapatkan kepercayaan. Artinya, komunikasi yang disampaikan harus benar dan terpercaya. Jangan sampai menggunakan opini yang tidak jelas asal usulnya. (4) Memiliki kompetensi dan integritas sebagai nilai tambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kebebasan Waktu dan Finansial

Kebebasan Waktu dan Finansial
Bagaimana kita mencipkan Uang bekerja untuk Kita, silahkan email ke kami untuk kami berikan cara2 meraih impian tersebut dengan cara sederhana dan kita juga mendapatkan ilmu kehidupan bisnis.

Jangan Menyerah Untuk Bisnis Ini

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi
Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalkani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Back to Reff 1
Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa
Back to Reff 1
Back to Reff 2

Harga Produk



NAMA PRODUKISI
RETAIL/IBO
NUTRILITE DOUBLE X 186 tablet
577/444
NUTRILITE SALMON OMEGA-3 90 softgel
437/336
NUTRILITE DAILY(70) 70 tablet
280/215
NUTRILITE DAILY personal size 30 tablet
147/112
NUTRILITE NUTRI BLEND CHEWABLE 60 tablet
217/167
NUTRILITE HI-PROTEIN 450 gr
413/318
NUTRILITE HI- PROTEIN BERRY FLAVOURED
500 gr
413/318
NUTRILITE IRON FOLIC PLUS 120 tablet
187/144
NUTRILITE NATURAL MULTI CAROTENE 90 softgel
378/291
NUTRILITE WHEAT GERM E 100 softgel
204/157
NUTRILITE H PROTEIN 14 SACHET
156/120
NUTRILITE BIO C PLUS personal size 60 tablet
247/190
NUTRILITE NATURAL B COMPLEX 100 tablet
147/113
NUTRILITE LECITHIN E 110 tablet
222/171
NUTRILITE GLUCOSAMINE WITH BOSWELLIA 150 kapsul
430/331
NUTRILITE CAL MAG D 180 tablet
199/153
NUTRILITE SAW PALMETTO AND NETTLE ROOT 100 softgel
450/346
NUTRILITE GARLIC&LICORICE 150 tablet
351/270
NUTRILITE CH BALANCE with GREEN TEA EXTRACT 60 softgel
454/340
NUTRILITE PRIMROSE PLUS 60 softgel
291/224
NUTRILITE SIBERIAN GINSENG with GINKGO BILOBA 100 tablet
476/366
NUTRILITE TRIPLE SHIELD ECHINACEA 120 tablet
575/442
NUTRILITE LIVER HEALTH with milk thistle&dandelion plus 60 tablet
416/320
NUTRILITE BILBERRY with LUTEIN 62 softgel
482/371
NUTRILITE CHEWABLE IRON 80 tablet
152/117
NUTRILITE CHEWABLE CAL MAG 80 tablet
194/149
NUTRLITE ACEROLA C 110 tablet
250/192
NUTRILITE CHEWABLE MULTI 90 tablet
329/253
NUTRILITE CLA 500 90 softgel
601/462
NUTRILITE CARB BLOCKER 2 90 tablet
447/344
NUTRILITE positrim cafe au lait 14 sachet
381/293
NUTRILITE POSITRIM COCOA 14 sachet
381/293




NUTRILITE BASIC PACK 1 paket
1,857/1,429
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
1,857/1.429
NUTRILITE INTERMEDIATE PACK 1 paket
1,482,000
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
1,482,000
nutrilite advance pack 1 paket
1,684,000
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
1,684,000
NUTRILITE GAIN WEIGHT PACK 1 paket
866,000
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
866,000
NUTRILITE ACEROLA CHERRY DRINK MIX 4 sachet
129,000
NUTRILITE ACTIVE 8 orange drink 4 sachet
91,000




HYDRATING SYSTEM 1 set
827,000
HYDRATING CLEANSER 135ml
254,000
HYDRATING TONER 200ml
263,000
HYDRATING LOTION 75ml
311,000
BALANCING SYSTEM 1 set
876/674
BALANCING CLEANSER 135ml
254,000
BALANCING TONER 200ml
273/210
BALANCING LOTION 75ml
322/248
EYE&LIP MAKEUP REMOVER 120ml
174/134
GENTLE ACTION MAKEUP REMOVER 125ml
281/216
BLEMISH CONTROL 15ml
173,000
REPLENISHING EYE CREME 15ml
235,000
ALPHA HYDROXY SERUM PLUS 30ml
346,000
POLISHING SCRUB 125ml
220,000
PORE CLEANSING MASQUE 100ml
204,000
CREAMY MASSAGE 120ml
402,000
MOISTURE PLUS 14,5ml
311,000
SOOTHING CREME 30ml
389,000
MULTI PROTECT SPF 30 50ml
346,000
ESSENTIAL 75ml
178,000




PURE WHITE SYSTEM I (kulit normal-kering) 1set
1,244,000
PURE WHITE CLEANSER 125g
384,000
PURE WHITE TONER I 150ml
408,000
PURE WHITE MOISTURISER I 100ml
452,000
PURE WHITE SYSTEM II (kulit normal-berminyak) 1set
1,244,000
PURE WHITE TONER II 150ml
408,000
PURE WHITE MOISTURISER II 100ml
452,000
PURE WHITE ESSENCE 30ml
451,000
PURE WHITE CREME 50g
413,000
PURE WHITE MASQUE 75ml
199,000




TIME DEFIANCE SYSTEM I (Kulit normal-kering) 1set
1,340,000
TIME DEFIANCE SYSTEM II (kulit normal-berminyak) 1set
1,340,000
TIME DEFIANCE CLEANSING TREATMENT 125ml
437,000
TIME DEFIANCE CONDITIONING TONER 250ml
437,000
TIME DEFIANCE DAY PROTECT LOTION SPF15 50ml
467,000
TIME DEFIANCE DAY PROTECT CREME SPF15 50ml
467,000
TIME DEFIANCE NIGHT RECOVERY CREME 50g
467,000
TIME DEFIANCE NIGHT RECOVERY LOTION 50ml
467,000
TIME DEFIANCE SKIN REFINISHING LOTION 30ml
390,000
TIME DEFIANCE VITAMIN C&WILD YAM TRETMENT 10ml
390,000
TIME DEFIANCE WRINKLE RELAX 4ml
348,000
TIME DEFIANCE LIFTING EYE CREME 15g
413,000
TIME DEFIANCE 3D LIFTING SERUM 30ml
1,115,000
TIME DEFIANCE INTENSIVE REPAIR DAILY 30ml
1,524,000
TIME DEFIANCE INTENSIVE REPAIR SERUM 14vial
2,672,000




ARTISTRY CRME L/X 45ml
3,390,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION porcelain 302 25ml
332,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION linen 310 25ml
332,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION buff 308 25ml
332,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION parchment 312 25ml
332,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION porcelain 29ml
281,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION linen 29ml
281,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION buff 208 29ml
281,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION parchment 212 29ml
281,000
FOUNDATION PUMP 5/pak
65,000




TIME DEFIANCE FIRMING CREME FOUNDATION porcelain 30ml
410,000
TIME DEFIANCE FIRMING CREME FOUNDATION buff 30ml
410,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION champagne 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION cameo 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION linen 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION sand 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION ochre 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION golden 30ml
295,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION champagne 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION cameo 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION linen 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION sand 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION ochre 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION golden 30ml
348,000
CONCEALER fair 2g
163,000
CONCEALER mediun 2g
163,000
CONCEALER dark 2g
163,000
FACE POWDER REFILL 25g
250,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION champagne 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION cameo 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION linen 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION sand 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION ochre 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION golden 12g refill
233,000




DEFINE SERIES EYE PENCIL (noir/black) 0,28g
203,000
DEFINE SERIES EYE PENCIL (mink/dark brown) 0,28g
203,000
DEFINE SERIES BROW PENCIL (BLACK) 0.09g
203,000
DEFINE SERIES BROW PENCIL (deep brown) 0.09g
203,000
DEFINE SERIES BROW PENCIL (soft brown) 0,09g
203,000
IDEAL WATERPROOF MASCARA black 10ml
213,000
CONTROL EYELINER black 2,7g
252,000
CONTROL EYELINER brown 2,7g
252,000
EYE COLOR REFILL (starry night) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (rain forest) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (sapphire) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (black tie) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (sunburst) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (royalty) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (tulle) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (rich) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (tickled pink) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (martinique) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (pink ice) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (gold ingot) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (fortune) 1g
77,000
POWDER BLUSH REFILL (rosewood) 3g
107,000
POWDER BLUSH REFILL (pink passion) 3g
107,000
POWDER BLUSH REFILL (warm glow) 3g
107,000
CREME LIP COLOR (petal) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (neutrale) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (hush) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (subdued) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (sophisticated) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (bon-bon) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (beaute) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (rouge) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (flatter) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (prim) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (belle) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (daring) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (rush) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (lovely) 3g
196,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (sheer gloss) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (glace) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (madeira) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (pom pom) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (princess) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (ballerina) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (polite) 3g
200,000
DEFINE SERIES LIP PENCIL (nuance/light mauve) 0,22g
203,000
DEFINE SERIES LIP PENCIL (discretion/brownish pink) 0,22g
203,000
GLOSSY LIP SHINE (gifted) 4,2ml
135,000
GLOSSY LIP SHINE (bloom) 4,2ml
135,000
GLOSSY LIP SHINE (adore) 4,2ml
135,000
LIP SAMPLER 10pak
98,000




ARTISTRY PRESENTATION CADDY

140,000
BUKU KECANTIKAN DAN PERAWATAN TUBUH

15,000
SEBUTAPE 5set/pak
22,000
IDEAL POWDER FOUNDATION COMPACT

129,000
FOUR PAN COMPACT

129,000
PANDUAN PRAKTIS 4pak
3,000
ESENTIALS WHEEL 3pak
5,000
PUFF ARTISTRY

32,500
PUFF FACIAL

38,500
PUFF IDEAL POWDER

19,600
PUFF FACE POWDER

25,300
FACE POWDER CASE

129,000
MAKE UP BRUSH SET

356,000




TOLSOM SYSTEM 1set
718,000
FACIAL CLEANSING FOAM 125g
237,000
TONING LOTION 175ml
247,000
SKIN SMOOTHING GEL 30g
389,000
SKIN PROTECTIVE LOTION 100ml
234,000




GLISTER ADVANCED TOOTHBRUSH 4buah
138/106
GLISTER MOUTHWASH 50ml
129/99
GLISTER TOOTHPASTE 200gr
77/59
GLISTER TRAVEL SIZE TOOTHPASTE 50ml
38/29
GLISTER MOUTH REFRESHER SPRAY 9gr
56/43




G&H BODY LOTION 375ml
81/62
G&H COMPLEXION BAR SOAP 250g
113,000
G&H BODY SHAMPOO 250ml
57,000
ALLANO TALC 250gr
43,000




PERSUE ANTISEPTIC HAND GEL 500ml
83,000
BOTOL KOSONG 250ml
10,000
BOTOL KOSONG 25gr
7,000
SUDZY BATH GEL 275ml
62,000
SUDZY SHAMPOO 275ml
52,000




DANDRUFF CONTROL HAIR CLEANSER 300ml
120,000
GENTLE DAILY HAIR CLEANSER 300ml
99,000
PURIFYING HAIR CLEANSER 300ml
99,000
VOLUMSING HAIR CLEANSER 300ml
99,000
DAILY BALANCE 2 in 1 300ml
104,000
VOLUMSING DETANGLER 250ml
99,000
MOISTURISING DETANGLER 250ml
99,000
INTENSIVE REPAIR MASQUE 150ml
120,000
ULTRA FINE FINISHING SPRAY 250ml
124,000
DESIGNER FIXING GEL 150ml
108,000
VOLUMSING MOUSSE 150ml
121,000
SANTINIQUE COLOR CARE SHAMPOO 300ml
135,000
SANTINIQUE COLOR CARE CONDITIONER 250ml
135,000
SANTINIQUE COLOR&HEAT PROTECTOR SPRAY 220ml
195,000
COLOUR CREATION natural black 1set
111,000
COLOUR CREATION DARK BROWN 1set
111,000
COLOUR CREATION burgundy 1set
111,000
COLOUR CREATION mahogany 1set
111,000
COLOUR CREATION auburn red blonde 1set
111,000
COLOUR CREATION golden brown 1set
111,000
COLOUR CREATION gold fever 1set
111,000
SA8 PREMIUM 750gr
100,000
SA8 PREMIUM 3kg
268,000
AMWAY SA8 LIQUID 1liter
163,000
ALL FABRIC BLEACH 1kg
156,000
FABRIC SOFTENER 1liter
81,000
PREWASH SPRAY 350gr
124,000
LOC PLUS WINDOW CLEANER 500ml
62,000
LOC METAL CLEANER 250gr
66,000
LOC PLUS SOFT CLEANSER DETERGENT DOUX 500ml
75,000
AMWAY LOC MULTI PURPOSE CLEANER 1liter
82,000
GREEN MEADOW AIR FRESHENER 100gr
72,000
PERSUE DISINFECTANT CLEANER 1liter
90,000
PERSUE TOILET BOWL CLEANER 750ml
108,000
DISH DROPS 1liter
127,000
DISH DROPS SCRUB BUDS 4buah
60,000




CAR WASH 1liter
77/59
SILICON GLAZE 500ml
107/82
NEW PISTOL GRIP SPRAYER

27,000
POUR/MEASURE CAP

17,000
TWISTED PUMP DISPENSE

17,000
SQUEEZE BOTTLE

13,000




ICOOK 1 ( LITRE SAUCEPAN&TUTUP+LITRE SAUCEPAN&TUTUP) 1set
3,640,000
ICOOK (LITRE SAUCEPEN&TUTUP)

1,268,000
ICOOK 4- LITRE STOCK POT&TUTUP

3,120,000
ICOOK 8-LITRE DUTCH OVEN&TUTUP

4,875,000
ICOOK (501082-501088)

4,615,000
ICOOK TRADITIONAL WOK

4,225,000
ICOOK PANCI ANTI LENGKET

2,243,000
ICOOK 1 SET JUNIOR SAUTE PAN&TUTP SENIOR SAUTEPAN&TUTUP

4,095,000
ICOOK PANCI ANTI LENGKET

4,355,000
ICOOK 1 SET JUNIOR (501084-501085)JUNIOR SAUTE PAN&TUTUP

6,500,000




ESPRING WATER TREATMENT SYSTEM 1unit
11,085,000
ESPRING SPAREPARTS ESPRING CARTRIDGE 1
1,541,000
ESPRING PRE-FILTER 1
195,000
TABUNG APF 1
878,000
MEDIA PROFEX

553,000
MEDIA ALKALI

553,000
MEDIA RESIN SOFTENER

553,000
UV LAMP AWTS

1,106,000
CARBON FILTER AWTS

875,000
ATMOSPHERE AIR TREATMENT SYSTEM 1unit
17,466,000
ATMOSPHERE ODOR FILTER 1
1,529,000
ATMOSPHERE PRE-FILTER 1
163,000
ATMOSPHERE HEPA FILTER 1
1,823,000
FLYER ATMOSPHERE LIPAT 10pak
3,000




NUTRIFARM AG 1liter
338,000
APSA-800 WSC 1liter
139,000
PANDUAN NUTRIFARM AG&APSA 10pak
4,000




TERI KRISPY 125gr
31,000
YOGURT EASIYO 1set
84,000
ABON SAPI 250gr
59,900
ABON AYAM 250gr
55,700
KERIPIK GRANDIS 250gr
42,700
TEH OOLONG 63 TEH CELUP 20sachet
29,200
TEH OOLONG TEH SEDUH 100gr
50,400




LULUR COKLAT&GREEN TEA 1pak/4 sachet
37,200
LULUR GREEN TEA 1pak/4 sachet
37,200
LULUR JAVANESE COLORLESS 1pak/4 sachet
42,000
BODY MASSAGE OIL REFRESHING 60ml
57,000
REFRESHING GREEN 100ml
48,400
SWEET BLOSSOM 100ml
48,400
TEXEL WOOL DUSTER

46,100
TELESCOPIC WOOL DUSTER 1
46,100
KAPAS SELECTION 70gr
28,500
MINYAK KAYU PUTIH 60ml
29,000
MINYAK TELON 60ml
31,000
SERI TK 1set
336,600
LOGICO PRIMO II (kreatifitas pra TK) 1set
336,600
SERI MATEMATIKA 1set
411,600
LOGICO PICCOLO III (matematika SD kelas 2) 1set
411,600
LOGICO MAXIMO I (matematika SD kelas 3) 1set
405,300
LOGICO MAXIMO III (matematika SD kelas 4) 1set
405,300
LOGICO MAXIMO IV (matematika SD kelas 5) 1set
405,300
SERI PENGETAHUAN UMUM (logico piccolo IV pengetahuan umum) 1set
405,300
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS BEGINNER) 1set
411,600
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS BEGINNER II) 1set
411,600
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS INTERMEDIATE) 1set
405,300
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS INTERMEDIATE II) 1set
405,300
PAPAN PRIMO

69,000
PAPAN PICCOLO

69,000
PAPAN MAXIMO

69,000
BROSUR LOGICO

3,000
CELANA DALAM WHITE S

81,900
CELANA DALAM WHITE M

81,900
CELANA DALAM WHITE L

81,900
CELANA DALAM WHITE XL

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR S

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR M

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR L

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR XL

81,900
EXECUTIVE SOCKS 3pasang
132,000
T-SHIRT S

73,400
T-SHIRT M

73,400
T-SHIRT L

73,400
T-SHIRT XL

73,400
SINGLET S

62,900
SINGLET M

62,900
SINGLET L

62,900
SINGLET XL

62,900
OIL (SB-MCO)SAE 20W-50 API SH 1liter
56,000
OIL SAE 10W-30 JASO MB 1liter
58,300
OIL SAE 5W-50 API SL/CH-4 1liter
114,300
OIL SAE 20W-50 API SL 1liter
71,600
OIL SAE 15W-40 API CI-4 1liter
71,600
FLO TANK 500ml
27,800
SHUNTON KAMPER 150gr
37,800
BERAS CIANJUR 5kg
78,100
BERAS MERAH 2kg
51,000
BUMBU INSTANS MERAH 330gr
32,000
KECAP MANIS 275ml
22,700
SAUS SAMBAL 400g
31,500
HERBAL GREEN TEA MAHKOTA DEWA 75g
67,500
HERBAL GREEN TEA KAYU MANIS 110gr
63,900
MADU HUTAN KALIMANTAN 300gr
116,100
MADU HUTAN SUMBAWA 300gr
109,100