PETA LOKASI

Minggu, 24 Maret 2013

Working Spirit, Always The Best

Baik itu tidak cukup baik, kita harus selalu menjadi yang terbaik” Always the best diaktualisasikan dengan IFA. Pertama, imagine, kedua focus dan yang ketiga action. Nanti akan saya berikan contohnya. Pertama, cara berpikir harus benar dulu, baru cara bertindaknya benar.Saya bisa katakan, kalau cara berpikirnya sudah benar, maka hampir pasti bertindaknya juga benar. Saya berikan tips, kalau kita menyadari kita tidak memiliki ide yang lebih baik dari atasan, ikuti saja atasannya. Jangan pretend kita juga bisa. Kedua, berawal dari akhir.Mau kemana, dari mana dan bagaimana caranya.Yang penting kita mau kemana dulu tidak peduli dimanapun kita berada.Orang yang start-nya dari mana, bisa tidak kemana-mana karena dia terlalu berat dengan legacy-nya. Apabila Kita diberi dua kertas, kertas pertama diisi apa yang kita miliki dan mau kemana. Kertas kedua, tanpa memikirkan apapun, tulislah apa yang ingin dicapai. Apa yang terjadi?Pegang dua kertas itu di kiri dan di kanan. Kertas yang di kiri itu kertas berisi apa yang kita miliki dan kita mau kemana. Yang di kanan tanpa memikirkan apapun kita boleh menuliskan apa yg kita inginkan. Ternyata yang memberikan cita-cita pemimpi besar itu yang sebelah kanan.Apa yg harus dilakukan?Ambil kertas kiri dan sobeklah kertas tersebut. Ketiga, if you imagine, you can get it. Saya ingin mengutip pendapatnya Walt Disney.Ada cerita bagus tentang Walt Disney ini.Suatu ketika saat peresmian Disneyland yang datang bukanlah Walt Disney, melainkan isterinya. Dalam pidato isteri Walt Disney, dia mengatakan, “ia sudah melihatnya. Inilah yang diimpikan oleh suamiku”.Ketika itu Walt Disney sudah tidak ada. Kata-kata paling terkenal dari Walt Disney tersebut adalah if you imagine, you can get it. Kalau kita bisa membayangkannya, maka kita akan dapat meraihnya. Sun Tzu juga mengatakan hal yang senada, ”Kemenangan itu direncanakan”. Maka saya katakan juga, seorang pemenang itu menang sebelum peperangan. Pemimpin itu ibarat seorang arsitek yang ingin membuat sesuatu seperti yang dia rencanakan.Energi terbesar dari seorang arsitek atau pelukis itu ketika lukisannya belum selesai. Ia tidak akan berhenti. Hal tersebut sama seperti apa yang saya bayangkan “Saya ingin tahun ini segera berakhir karena ingin melihat mimpi saya di akhir tahun menjadi kenyataan”. Catatan untuk fokus. Jurus pertama untuk fokus, jika kita ingin menang kirim pasukan, bentuk winning team dan pilih pasukan terbaik.Berikan dukungan sumber daya yang cukup, terutama waktu.Point saya adalah kalau ingin menang, kirim pasukan dan alokasikan resources.Saya melakukan hal ini secara konsisten. Point kedua dari fokus adalah buat bukit-bukit kemenangan.Itu selalu saya ajarkan.Ada peperangan dan ada pertempuran. Peperangan itu terdiri dari beberapa pertempuran, warandbattle. Dalam peperangan, pilih bukit-bukit pertempuran manakah yang harus kita menangkan. Maka saya katakan buatlah bukit-bukit kemenangan.Tidak harus seluruh bukit.Fokuskan kekuatan utama untuk merebut bukit-bukit utama. Point yang ketiga dari fokus adalah utamakan yang utama. Jika kita menginginkan semuanya maka kita akan kehilangan semuanya. Maaf, saya tidak suka punya program yang terlalu banyak. Tetapkan saja 3 yang utama.Kerjakan dulu ‘yang utama’ sebelum mengerjakan yang lainnya.Jangan sampai kita telah mengerjakan semuanya kecuali yang utama. Saya selalu mengajarkan kita harus hafal hal-hal yang utama.Kita bisa membayangkan ada orang jago silat tetapi tidak hafal jurusnya.Berapa program utama Anda.Kalau tidak bisa menjawab secara langsung, kemungkinan besar Anda salah.Itu karena terlalu banyak di kepala Anda. Kalau Anda menginginkan semuanya Anda tidak akan dapat semuanya. Jack Welch mengajarkan leadership itu adalah 3E yakni Energy, Energize, Edge. Suatu ketika Jack Welch melakukan turba (turun ke bawah) dan bertemu dengan seseorang yang sangat bagus di lapangan, tetapi kinerja tim yang dipimpinnya tidak terlalu bagus. Jack Welch ketika itu menyadari ternyata ada satu E keempat yang belum dilakukan yaitu Execution, maka dia menambahkan dalam prinsip leadershipnya menjadi 4E. Sama halnya dengan Jack Welch, dulu saya berpikir resource allocation merupakan action, tetapi merefer pada pengalaman selama memimpin, resource allocation saya pindahkan ke jurus kedua yaitu focus. Point pertama untuk action adalah benchmark. Benchmark adalah cara paling efektif menjadikan perusahaan menjadi yang terbaik. Hal tersebut selalu saya ajarkan dari dulu. Benchmark dapat dilakukan antar divisi, antar direktorat, atau ke perusahan lain. Setelah benchmark, Anda tidak akan menjadi lebih buruk dan tidak lebih miskin, malah jauh lebih kaya. Semua yang terbaik yang ada di unit atau perusahaan lain akan ada di perusahaan Anda. Tidak percaya? Einstein bahkan berkata, ”Orang biasa itu belajar dari kesalahan diri sendiri, sedangkan orang pintar belajar dari kesalahan orang lain”. Jangan gengsi melakukan benchmark, memangnya Anda paling pintar?Semakin Anda merasa pintar, maka Anda semakin menjadi orang biasa. Jangan berpikir bahwa kita telah menemukan sesuatu yang baru, karena di suatu tempat, di suatu masa, seseorang telah berpikir atau telah membuatnya. Jack Welch mengatakannya sebagai NIH (Not Invented Here). NIH adalah budaya lama yang berakar sangat kuat di GE lama, yang berasumsi jika gagasan tidak berasal dari dalam GE, maka hal tersebut tidak berharga untuk diketahui. Jack Welch membalikkan paradigma tersebut. Jack Welch marah sekali kalau ada yang tidak mau benchmark. Benchmark merupakan cara paling efektif menjadikan perusahaan yang kita pimpin menjadi yang terbaik. Di MBNQA juga diajarkan itu, ’quest for excellence’. Point kedua untuk action adalah membentuk mental pemenang.Saya mencontohkannya dengan membuat Quick Win. Quick win lebih untuk membentuk self confidence. Oleh karenanya ciri-ciri quick win itu likelihood atau kemungkinan untuk terjadinya tinggi dan impact atau dampaknya besar. Namun, kalau Anda tidak bisa mencari Quick Win yang impactnya besar pilihlah Quick Win yang likelihoodnya tinggi. Karena sesungguhnya kepentingan utama dari quick win ini adalah self confidence. Jiwa pemenang dapat dibentuk dengan self confidence baik untuk pemimpinnya maupun untuk yang dipimpinnya. Quick win sering saya contohkan agar bagaimana pasukan kita percaya pada pemimpin kita. Katakanlah di bukit A ada perunggu dan terbukti ada perunggu. Di bukit B ada perak dan terbukti ada perak.Di bukit C ada emas dan terbukti ada emas. Lalu ketika Anda katakan yang sebenarnya dicari adalah berlian di balik bukit yang jauh di sana, semua orang akan percaya. Sebagian besar diantara kita memiliki pemikiran “seeing is believing”, melihat dulu baru percaya. Bagi orang yang keyakinannya hebat, “believing is seeing”, percaya dulu baru melihat.Itulah visionary leader. Terakhir, bagaimana cara menilai orang?Saya awali dengan yang nilainya D. Dia gagal dan tidak tahu mengapa dia gagal. Nilainya C, dia menang tapi tidak tahu mengapa dia menang. Yang boleh itu hanya yang kelas A atau kelas B. Orang yang menang dan tahu mengapa menang, dan orang yang kalah tetapi dia tahu kenapa kalah. Orang yang belum berhasil tetapi menjalankannya dengan penuh kesungguhan.

Selasa, 12 Maret 2013

Strategi Marketing Yang Terbukti Ampuh Gunakan Bahasa Lokal untuk Strategi MARKETING

Sore itu saya hendak menuju kampus Bung Hatta yang berlokasi di ulak karang. Lampu merah menyala, jadilah saya harus bersabar menunggunya hingga berwarna hijau. Mata saya segera bergerilya hingga berhenti di salah satu toko yang berhasil menarik perhatian saya yaitu toko Tangkelek. Tangkelek adalah bahasa Minang yang berarti sandal kayu. Toko ini menjual kaos khas Sumatera Barat yang didesign unik dan apik. Tanpa menunggu lama saya segera membidik toko tersebut dengan kamera saya dan jadilah foto seperti yang kita lihat di atas. Apa gerangan yang menarik dari toko tersebut? Sebenarnya bagi saya bukan tokonya yang menarik melainkan bahasa marketingnya yang unik. Coba perhatikan foto di atas, ada tulisan “Bapitih indak bapitih, mambali ndak mambali - Hari Buliah Caliak-caliak ka dalam”. Bagi anda yang tidak paham bahasa Minang [Padang] mungkin kalimat tersebut tidak menarik bagi anda. Baiklah, saya akan coba transletkan ke bahasa Indonesia. “Bapitih indak bapitih, mambali ndak mambali - Hari Buliah Caliak-caliak ka dalam” Artinya : “Punya uang atau tidak, membeli ataupun tidak – hari ini boleh lihat-lihat ke dalam toko” Kalimat tersebut berupaya untuk menghimbau orang untuk mampir, perihal punya uang atau tidak, punya niat mau membeli maupun tidak, adalah perkara lain. Artinya sipemilik toko mempersilahkan orang untuk berkunjung walaupun hanya sekedar melihat-lihat saja. Sebagian pedagang justru marah ketika orang hanya mampir dan melihat-lihat saja (window shopping), makanya tak jarang orang merasa sungkan mampir ke sebuah toko jika tak berniat untuk membeli. Dengan strategi bisnis seperti yang digunakan oleh toko “Tangkelek” di atas, sipemilik toko telah berhasil membangun image “ramah dan bersahabat” kepada calon pembeli. Meskipun calon pembeli tidak membeli, dengan berkunjung saja setidaknya mereka jadi tahu apa yang dijual di toko tersebut, apa ciri khasnya, bagaimana kualitasnya. Dan tatkala mereka punya uang dan berkeinginan untuk membeli produk sejenis, maka secara otomatis mereka akan teringat toko ini dan kembali berkunjung untuk MEMBELI. It Cool i guest. Dan yang lebih menariknya lagi, sipemilik toko justru tidak memilih bahasa Indonesia atau bahasa gaul lainnya, tetapi justru memilih bahasa lokal yakni bahasa MINANG. Hal ini menjadi bukti bahwa toko tersebut konsisten dalam misinya yang mana mengenalkan budaya minang melalui kaos-kaos dengan kualitas wahid dan design yang didominasi oleh kata-kata unik yang menggunakan bahasa Minang namun tetap eye catching dan cute. Beberapa kata-kata yang digunakan dalam design baju mereka adalah : “Sabalah kida [sebelah kiri], sabalah suok [sebelah kanan]“, “Sapeda unto [sepeda ontel]”, “tipi itam putiah [televisi hitam putih]“, “anak daro [mempelai wanita]”, “marapulai [mempelai pria]”, “Saluang [seruling]“. Wow, kreatif sekali. Jadi jangan pernah minder dengan bahasa lokal, ternyata bahasa lokal juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghasilkan strategi business yang unik dan menarik. Bagi anda yang berkunjung ke kota Padang, anda dapat berkunjung ke Toko Tangkelek untuk membeli oleh-oleh berupa kaos atau sekedar melihat-melihat saja pun boleh hehehe. Toko ini beralamat di Jl. S. Parman No. 187 Ulak Karang, Padang. Oya, meski nama toko ini adalah TANGKELEK, tapi toko ini tidak menjual sandal kayu. Source: http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2012/06/14/gunakan-bahasa-lokal-untuk-strategi-marketing/

Pengusaha Vs Karyawan. Mana Yang Lebih Baik?

Pengusaha Vs Karyawan bukan berarti pengusaha melawan karyawan tetapi perbandingan antara menjadi seorang pengusaha dan menjdai seorang karyawan, kembali lagi kepada sudut pandang setiap pembaca. Pengusaha adalah orang yg mengerjakan usaha, pengusaha relatif tidak tergantung pada orang lain, menjadi boss bagi dirinya sendiri, jatuh bangun atas kemampuannya sendiri. Biasanya, pengusaha akan senantiasa bersifat profit oriented. Dalam bahasa kerennya, mereka disebut sebagai enterpreneur. Modal tidak menjadi bagian penting dari sifat pengusaha, yg terpenting adalah kiprahnya. Contoh : seorang pengusaha makanan tradisonal yg ada di daerah, mereka memulai usaha dari tidak punya apa-apa menjadi seorang yang dikatakan sukses. saya ambil contoh pengusaha di daerah saya saja (nama disamarkan). dulu mereka memang bisa dikatakan masih kurang, tapi setau saya mereka berkerja dari mulai sore hari hingga menjelang subuh, karena itu usaha rumahan maka perkerjaan selalu terproses hingga siap untuk dipasarkan, setiap harinya seperti itu sehingga mereka saat ini mempunyai motor 4 (empat) type baru. Sedangkan karyawan sangat berbanding terbalik dengan seorang pengusaha, seorang karyawan membutuhkan pengusaha untuk memberikan upah atau gaji untuk masa kerjanya. Karyawan dituntut untuk memenuhi atau mematuhi setiap peraturan yang telah ada, contoh : masuk jam 08.00 sedangkan pulang jam 16.00 . maka karyawan harus mematuhi hal tersebut kalau tidak mau mendapat sanksi dari Boss (pengusaha). saya ambil contoh karyawan pabrik kurang lebih masa kerja karywan seperti yang telah saya sampaikan di atas, sehingga perkembangan setiap karyawan dibanding dengan karyawan sangat berbeda sebab apa yang dilakukan seorang karyawan hampir setiap harinya monoton, sehingga menekan perkembangan setiap individu terkecuali kalau ada keinginan untuk berubah . dalam hal di atas pandangan seseorang terhadap pengusaha yang sukses kebanyakan merupakan hasil yang diperoleh bukan proses yang terjadi. Padahal setiap proses yang terjadi sangatlah berarti bagi yang menjalani dan bagi yang mengerti apa itu sebuah keberhasilan

Senin, 11 Maret 2013

KUNCI SUKSES DALAM USAHA

Banyak orang takut memulai usaha, karena takut gagal atau takut tidak punya modal. Hermas Puspito dari ELC Digital Company mengungkapkan, ada lima poin yang harus Anda lakukan untuk menjadi pengusaha. Berikut lima langkah yang harus Anda jalankan untuk mulai jadi seorang entrepreneur: 1. Jaringan Menjadi seorang pengusaha harus mempunyai relasi yang luas dan banyak. "Kita tidak bisa membuka usaha kalau tidak bisa melakukan networking," katanya dalam Entrepreneurship Festival, di Jakarta, Jumat 22 Juni 2012. Memperbanyak jaringan menjadi sangat penting bagi perluasan usaha Anda. Setiap orang dapat menjadi potensi sebagai konsumen atau bekerja sama dalam mengembangkan bisnis. 2. Persiapan mentalBanyak orang yang takut memulai usaha, ini karena dalam pikirannya sudah tertanam mental takut gagal atau bingung memulai usaha. Ada juga orang yang memiliki mental jika ingin membuka usaha harus memiliki rencana bisnis yang sempurna. Rencana bisnis diperlukan, namun tidak harus sempurna karena dapat disempurnakan ketika bisnis telah berjalan. Seorang pengusaha harus memiliki mental fokus dan disiplin. Dua hal ini diperlukan untuk menjalankan rencana bisnis yang telah dipersiapkan. "Kalau mentalnya harus sempurna, kapan mulai bisnisnya?" katanya. 3. ModalModal merupakan salah satu faktor penting dalam memulai bisnis. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Padahal, untuk memulai usaha bisa dilakukan tanpa modal. Modal terbagi menjadi tiga, modal sendiri, mencari modal dari investor atau bank, dan modal partnership. Modal sendiri dapat diraih dengan cara menabung, atau bisa juga memulai bisnis sendiri dengan tanpa modal seperi menjadi reseller (pengecer) sebuah barang. "Reseller itu entrepreneur tahap satu, yang pelan-pelan naik jadi wirausaha sendiri," katanya. Sedangkan untuk modal dari investor atau bank, dibutuhkan perencanaan bisnis yang baik. Serta modal ketiga adalah partnership, yaitu menggunakan aset yang sudah ada sebagai modal bekerja sama dengan orang lain. "Seperti, memanfaatkan rumah untuk menjual barang yang dititipkan," ujar Hermas. 4. Marketing : Seorang pengusaha harus mengetahui kelebihan produk yang membedakan dengan barang sejenis. Setelah itu, dipadukan dengan promosi yang menarik sehingga dapat menarik orang untuk membeli produk. Marketing juga dapat dipadukan dengan networking, sehingga menjadi komunikasi marketing yang terintegrasi. "Harga dipadu dengan promosi, seperti 50 orang pembeli pertama dapat potongan, atau bisa juga menawarkan produk ke orang-orang yang kita kenal," katanya. Kehadiran media sosial bisa jadi strategi marketing tersendiri. Ia menjelaskan, kehadiran media sosial dapat digunakan seorang entrepreneur untuk membangun komunitas. Komunitas dapat diarahkan untuk membuat acara yang terkait dengan produknya. "Media sosial sekarang ini bisa menjadi marketing rendah biaya, bahkan tanpa modal, hanya cukup sambungan internet," katanya. Ia menyarankan bagi pengguna Twitter, jangan hanya berkicau produknya tapi juga memberi informasi yang berguna bagi follower. 5. Mulailah sekarangKeempat langkah tadi tidak akan jalan jika tidak dimulai sekarang. Dalam menjalankan bisnis seorang pengusaha harus terus mengembangkan diri dengan membaca buku dan mendatangi seminar-seminar pengusaha untuk memotivasi diri.

Minggu, 10 Maret 2013

15 CARA BERPIKIR ORANG KAYA

ADELAIDE, KOMPAS.com-Di Australia, salah seorang wanita terkaya di dunia, Gina Rinehart menciptakan kontroversi dengan tulisannya yang mengecam warga Australia lainnya yang dianggapnya kurang bekerja keras. "Tidak ada monopoli untuk menjadi miliuner." tulis Rinehart dalam salah satu majalah Investasi di Australia sebagaimana dilaporkan Koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, Selasa (4/9/2012). "Bila Anda iri dengan orang-orang yang memiliki banyak uang, jangan duduk dan mengeluh saja. Lakukan sesuatu untuk mendapatkan uang - habiskan waktu lebih sedikit untuk minum-minum di pub, merokok dan ataupun ngobrol. Kerja lebih banyak." Orang kaya lainnya di Australia Clive Palmer baru-baru ini membeberkan rencana untuk membangun kapal pesiar Titanic 2, yang akan dilengkapi dengan kasino dimana hanya penumpang di kelas satu saja yang boleh bermain di kasino tersebut. Kontroversi orang-orang kaya ini membuat situs news.com.au mempertanyakan apakah memang cara berpikir orang kaya berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Apakah mereka pekerja keras, dan sifat apakah yang membuat mereka menjadi kaya. Inilah yang kemudian disarikan dari pengarang buku How Rich People Think (Bagaimana Pola Pikir Orang Kaya), Steve Siebold, yang mengatakan bahwa orang kaya dan orang kebanyakan memiliki cara pandang yang sangat berbeda. 1. Orang kaya menganggap egois adalah hal positif. Orang kebanyakan beranggapan membantu orang lain adalah hal yang mulia, dan itulah yang membuat mereka miskin. Orang kaya berperilaku bahwa kalau mereka tidak bisa membuat diri mereka kaya dulu, maka mereka tidak akan bisa nantinya membantu orang lain. 2.Orang kaya memiliki perilaku aksi. Anda tidak akan melihat orang kaya antre membeli lotere (bahkan sebelum mereka kaya). Orang kebanyakan selalu menunggu adanya orang lain yang akan membantu mereka menjadi kaya - Lotere, pemerintah, teman atau pasangan hidup - namun itulah yang membuat mereka tetap miskin. Orang kaya melakukan tindakan, dan menghabiskan waktu mereka menyelesaikan masalah yang ada. 3. Orang kaya mementingkan pengetahuan khusus, bukan sepotong ijazah. Orang kebanyakan mempercayai bahwa jalan menuju kaya adalah lewat pendidikan. Orang kaya pada umumnya berhasil karena mereka menjual pengetahuan khusus dan unik yang mereka sudah kuasai. 4. Orang kaya mimpi akan masa depan. Orang kaya banyak menghabiskan waktu melihat ke depan, menentukan target yang ingin dicapai, dan semangat dengan tantangan yang ada. Orang kebanyakan lebih sering berpikir mengenai masa lalu, sehingga kemudian membuat mereka merasa tidak bahagia dan stres. 5. Orang kaya berpikir secara logis soal uang. Orang kebanyakan dan orang yang berpendidikan bisa masuk perangkap dengan berpikir mengenai uang secara emosional, dan ingin pensiun secukupnya. Orang kaya berpikir secara logis mengenai uang yang dianggap sebagai alat untuk mencetak lebih banyak kekayaan lagi. 6. Orang kaya mengikuti minat mereka. Ini pernyataan dari Oprah Winfrey - ikuti minatmu dan lakukan apa yang senang kamu lakukan. Orang kaya menemukan cara mendapatkan pemasukan melakukan sesuatu yang mereka sukai, sementara orang kebanyakan mendapatkan uang melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai. 7. Orang kaya memiliki tujuan tinggi. Orang kebanyakan memasang target rendah karena takut kecewa, sementara orang kaya mengejar target tinggi, dan kemudian berusaha keras mewujudkan mimpi tersebut. 8. Orang kaya percaya kita harus menjadi "seseorang". Sementara orang kebanyakan percaya kita harus melakukan "sesuatu" untuk bisa kaya. Orang kaya terus menerus berusaha memperbaiki diri dan belajar dari sukses dan kegagalan. 9. Orang kaya menggunakan uang orang lain. Orang kebanyakan percaya bahwa mereka harus menggunakan uang sendiri untuk menghasilkan, sementara orang kaya tidak memiliki masalah menggunakan uang orang lain. 10. Orang kaya hidup di bawah batas ambang. Ini terlihat bertentangan namun orang kaya berusaha terus kaya sehingga mereka bisa hidup di bawah batas ambang mereka, sementara orang kebanyakan hidup di atas ambang kekayaan mereka. 11.Orang kaya mengajari anak mereka bagaimana menjadi kaya. Orang kebanyakan mengajar anak mereka bagaimana bertahan hidup, namun orang kaya mengajar anak mereka dari sejak dini mengenai orang kaya dan miskin. 12. Orang kaya tidak membiarkan uang membuat mereka jadi stress. Orang kebanyakan stress karena uang. Orang kaya merasa tenang dengan kekayaan mereka dan tahu bahwa mereka bisa menyelesaikan masalah dengan uang yang mereka miliki - dengan itu mereka bisa mencetak lebih banyak uang lagi. Orang kebanyakan melihat uang sebagai perjuangan melawan setan dan keburukan. 13.Orang kaya terus belajar, dan tidak sekedar mencari hiburan. Orang kebanyakan malah kebalikannya. Mereka membaca buku, tabloid atau menonton televisi, dan bukannya belajar lebih serius meskipun sudah selesai sekolah. 14. Orang kaya bergaul dengan orang yang berpikiran seperti mereka. Orang kebanyakan melihat orang kaya sebagai snob, dan cenderung berperilaku negatif terhadap mereka. Orang kaya cenderung menghindari orang-orang yang berpikiran negatif. 15. Orang kaya mengfokuskan diri pada pendapatan. Orang kebanyakan memfokuskan diri pada menabung dan kehilangan kesempatan besar karena takut mengambil risiko. Orang kaya terus menerus memfokuskan diri pada tujuan besar, dan bagaimana meraih pendapatan besar.

Kebebasan Waktu dan Finansial

Kebebasan Waktu dan Finansial
Bagaimana kita mencipkan Uang bekerja untuk Kita, silahkan email ke kami untuk kami berikan cara2 meraih impian tersebut dengan cara sederhana dan kita juga mendapatkan ilmu kehidupan bisnis.

Jangan Menyerah Untuk Bisnis Ini

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi
Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalkani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Back to Reff 1
Reff 2:
Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal Putus asa
Back to Reff 1
Back to Reff 2

Harga Produk



NAMA PRODUKISI
RETAIL/IBO
NUTRILITE DOUBLE X 186 tablet
577/444
NUTRILITE SALMON OMEGA-3 90 softgel
437/336
NUTRILITE DAILY(70) 70 tablet
280/215
NUTRILITE DAILY personal size 30 tablet
147/112
NUTRILITE NUTRI BLEND CHEWABLE 60 tablet
217/167
NUTRILITE HI-PROTEIN 450 gr
413/318
NUTRILITE HI- PROTEIN BERRY FLAVOURED
500 gr
413/318
NUTRILITE IRON FOLIC PLUS 120 tablet
187/144
NUTRILITE NATURAL MULTI CAROTENE 90 softgel
378/291
NUTRILITE WHEAT GERM E 100 softgel
204/157
NUTRILITE H PROTEIN 14 SACHET
156/120
NUTRILITE BIO C PLUS personal size 60 tablet
247/190
NUTRILITE NATURAL B COMPLEX 100 tablet
147/113
NUTRILITE LECITHIN E 110 tablet
222/171
NUTRILITE GLUCOSAMINE WITH BOSWELLIA 150 kapsul
430/331
NUTRILITE CAL MAG D 180 tablet
199/153
NUTRILITE SAW PALMETTO AND NETTLE ROOT 100 softgel
450/346
NUTRILITE GARLIC&LICORICE 150 tablet
351/270
NUTRILITE CH BALANCE with GREEN TEA EXTRACT 60 softgel
454/340
NUTRILITE PRIMROSE PLUS 60 softgel
291/224
NUTRILITE SIBERIAN GINSENG with GINKGO BILOBA 100 tablet
476/366
NUTRILITE TRIPLE SHIELD ECHINACEA 120 tablet
575/442
NUTRILITE LIVER HEALTH with milk thistle&dandelion plus 60 tablet
416/320
NUTRILITE BILBERRY with LUTEIN 62 softgel
482/371
NUTRILITE CHEWABLE IRON 80 tablet
152/117
NUTRILITE CHEWABLE CAL MAG 80 tablet
194/149
NUTRLITE ACEROLA C 110 tablet
250/192
NUTRILITE CHEWABLE MULTI 90 tablet
329/253
NUTRILITE CLA 500 90 softgel
601/462
NUTRILITE CARB BLOCKER 2 90 tablet
447/344
NUTRILITE positrim cafe au lait 14 sachet
381/293
NUTRILITE POSITRIM COCOA 14 sachet
381/293




NUTRILITE BASIC PACK 1 paket
1,857/1,429
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
1,857/1.429
NUTRILITE INTERMEDIATE PACK 1 paket
1,482,000
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
1,482,000
nutrilite advance pack 1 paket
1,684,000
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
1,684,000
NUTRILITE GAIN WEIGHT PACK 1 paket
866,000
NUTRILITE CAFE AU LAIT/COCOA 1 paket
866,000
NUTRILITE ACEROLA CHERRY DRINK MIX 4 sachet
129,000
NUTRILITE ACTIVE 8 orange drink 4 sachet
91,000




HYDRATING SYSTEM 1 set
827,000
HYDRATING CLEANSER 135ml
254,000
HYDRATING TONER 200ml
263,000
HYDRATING LOTION 75ml
311,000
BALANCING SYSTEM 1 set
876/674
BALANCING CLEANSER 135ml
254,000
BALANCING TONER 200ml
273/210
BALANCING LOTION 75ml
322/248
EYE&LIP MAKEUP REMOVER 120ml
174/134
GENTLE ACTION MAKEUP REMOVER 125ml
281/216
BLEMISH CONTROL 15ml
173,000
REPLENISHING EYE CREME 15ml
235,000
ALPHA HYDROXY SERUM PLUS 30ml
346,000
POLISHING SCRUB 125ml
220,000
PORE CLEANSING MASQUE 100ml
204,000
CREAMY MASSAGE 120ml
402,000
MOISTURE PLUS 14,5ml
311,000
SOOTHING CREME 30ml
389,000
MULTI PROTECT SPF 30 50ml
346,000
ESSENTIAL 75ml
178,000




PURE WHITE SYSTEM I (kulit normal-kering) 1set
1,244,000
PURE WHITE CLEANSER 125g
384,000
PURE WHITE TONER I 150ml
408,000
PURE WHITE MOISTURISER I 100ml
452,000
PURE WHITE SYSTEM II (kulit normal-berminyak) 1set
1,244,000
PURE WHITE TONER II 150ml
408,000
PURE WHITE MOISTURISER II 100ml
452,000
PURE WHITE ESSENCE 30ml
451,000
PURE WHITE CREME 50g
413,000
PURE WHITE MASQUE 75ml
199,000




TIME DEFIANCE SYSTEM I (Kulit normal-kering) 1set
1,340,000
TIME DEFIANCE SYSTEM II (kulit normal-berminyak) 1set
1,340,000
TIME DEFIANCE CLEANSING TREATMENT 125ml
437,000
TIME DEFIANCE CONDITIONING TONER 250ml
437,000
TIME DEFIANCE DAY PROTECT LOTION SPF15 50ml
467,000
TIME DEFIANCE DAY PROTECT CREME SPF15 50ml
467,000
TIME DEFIANCE NIGHT RECOVERY CREME 50g
467,000
TIME DEFIANCE NIGHT RECOVERY LOTION 50ml
467,000
TIME DEFIANCE SKIN REFINISHING LOTION 30ml
390,000
TIME DEFIANCE VITAMIN C&WILD YAM TRETMENT 10ml
390,000
TIME DEFIANCE WRINKLE RELAX 4ml
348,000
TIME DEFIANCE LIFTING EYE CREME 15g
413,000
TIME DEFIANCE 3D LIFTING SERUM 30ml
1,115,000
TIME DEFIANCE INTENSIVE REPAIR DAILY 30ml
1,524,000
TIME DEFIANCE INTENSIVE REPAIR SERUM 14vial
2,672,000




ARTISTRY CRME L/X 45ml
3,390,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION porcelain 302 25ml
332,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION linen 310 25ml
332,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION buff 308 25ml
332,000
ABSOLUTE OIL CONTROL FOUNDATION parchment 312 25ml
332,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION porcelain 29ml
281,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION linen 29ml
281,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION buff 208 29ml
281,000
SELF DEFINING SHEER FOUNDATION parchment 212 29ml
281,000
FOUNDATION PUMP 5/pak
65,000




TIME DEFIANCE FIRMING CREME FOUNDATION porcelain 30ml
410,000
TIME DEFIANCE FIRMING CREME FOUNDATION buff 30ml
410,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION champagne 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION cameo 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION linen 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION sand 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION ochre 30ml
295,000
HYDRATING IDEAL FOUNDATION golden 30ml
295,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION champagne 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION cameo 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION linen 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION sand 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION ochre 30ml
348,000
BALANCING IDEAL FOUNDATION golden 30ml
348,000
CONCEALER fair 2g
163,000
CONCEALER mediun 2g
163,000
CONCEALER dark 2g
163,000
FACE POWDER REFILL 25g
250,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION champagne 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION cameo 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION linen 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION sand 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION ochre 12g refill
233,000
IDEAL DUAL POWDER FOUNDATION golden 12g refill
233,000




DEFINE SERIES EYE PENCIL (noir/black) 0,28g
203,000
DEFINE SERIES EYE PENCIL (mink/dark brown) 0,28g
203,000
DEFINE SERIES BROW PENCIL (BLACK) 0.09g
203,000
DEFINE SERIES BROW PENCIL (deep brown) 0.09g
203,000
DEFINE SERIES BROW PENCIL (soft brown) 0,09g
203,000
IDEAL WATERPROOF MASCARA black 10ml
213,000
CONTROL EYELINER black 2,7g
252,000
CONTROL EYELINER brown 2,7g
252,000
EYE COLOR REFILL (starry night) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (rain forest) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (sapphire) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (black tie) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (sunburst) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (royalty) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (tulle) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (rich) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (tickled pink) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (martinique) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (pink ice) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (gold ingot) 1g
77,000
EYE COLOR REFILL (fortune) 1g
77,000
POWDER BLUSH REFILL (rosewood) 3g
107,000
POWDER BLUSH REFILL (pink passion) 3g
107,000
POWDER BLUSH REFILL (warm glow) 3g
107,000
CREME LIP COLOR (petal) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (neutrale) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (hush) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (subdued) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (sophisticated) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (bon-bon) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (beaute) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (rouge) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (flatter) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (prim) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (belle) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (daring) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (rush) 3g
196,000
CREME LIP COLOR (lovely) 3g
196,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (sheer gloss) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (glace) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (madeira) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (pom pom) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (princess) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (ballerina) 3g
200,000
SHEER LIP COLOR SPF15 (polite) 3g
200,000
DEFINE SERIES LIP PENCIL (nuance/light mauve) 0,22g
203,000
DEFINE SERIES LIP PENCIL (discretion/brownish pink) 0,22g
203,000
GLOSSY LIP SHINE (gifted) 4,2ml
135,000
GLOSSY LIP SHINE (bloom) 4,2ml
135,000
GLOSSY LIP SHINE (adore) 4,2ml
135,000
LIP SAMPLER 10pak
98,000




ARTISTRY PRESENTATION CADDY

140,000
BUKU KECANTIKAN DAN PERAWATAN TUBUH

15,000
SEBUTAPE 5set/pak
22,000
IDEAL POWDER FOUNDATION COMPACT

129,000
FOUR PAN COMPACT

129,000
PANDUAN PRAKTIS 4pak
3,000
ESENTIALS WHEEL 3pak
5,000
PUFF ARTISTRY

32,500
PUFF FACIAL

38,500
PUFF IDEAL POWDER

19,600
PUFF FACE POWDER

25,300
FACE POWDER CASE

129,000
MAKE UP BRUSH SET

356,000




TOLSOM SYSTEM 1set
718,000
FACIAL CLEANSING FOAM 125g
237,000
TONING LOTION 175ml
247,000
SKIN SMOOTHING GEL 30g
389,000
SKIN PROTECTIVE LOTION 100ml
234,000




GLISTER ADVANCED TOOTHBRUSH 4buah
138/106
GLISTER MOUTHWASH 50ml
129/99
GLISTER TOOTHPASTE 200gr
77/59
GLISTER TRAVEL SIZE TOOTHPASTE 50ml
38/29
GLISTER MOUTH REFRESHER SPRAY 9gr
56/43




G&H BODY LOTION 375ml
81/62
G&H COMPLEXION BAR SOAP 250g
113,000
G&H BODY SHAMPOO 250ml
57,000
ALLANO TALC 250gr
43,000




PERSUE ANTISEPTIC HAND GEL 500ml
83,000
BOTOL KOSONG 250ml
10,000
BOTOL KOSONG 25gr
7,000
SUDZY BATH GEL 275ml
62,000
SUDZY SHAMPOO 275ml
52,000




DANDRUFF CONTROL HAIR CLEANSER 300ml
120,000
GENTLE DAILY HAIR CLEANSER 300ml
99,000
PURIFYING HAIR CLEANSER 300ml
99,000
VOLUMSING HAIR CLEANSER 300ml
99,000
DAILY BALANCE 2 in 1 300ml
104,000
VOLUMSING DETANGLER 250ml
99,000
MOISTURISING DETANGLER 250ml
99,000
INTENSIVE REPAIR MASQUE 150ml
120,000
ULTRA FINE FINISHING SPRAY 250ml
124,000
DESIGNER FIXING GEL 150ml
108,000
VOLUMSING MOUSSE 150ml
121,000
SANTINIQUE COLOR CARE SHAMPOO 300ml
135,000
SANTINIQUE COLOR CARE CONDITIONER 250ml
135,000
SANTINIQUE COLOR&HEAT PROTECTOR SPRAY 220ml
195,000
COLOUR CREATION natural black 1set
111,000
COLOUR CREATION DARK BROWN 1set
111,000
COLOUR CREATION burgundy 1set
111,000
COLOUR CREATION mahogany 1set
111,000
COLOUR CREATION auburn red blonde 1set
111,000
COLOUR CREATION golden brown 1set
111,000
COLOUR CREATION gold fever 1set
111,000
SA8 PREMIUM 750gr
100,000
SA8 PREMIUM 3kg
268,000
AMWAY SA8 LIQUID 1liter
163,000
ALL FABRIC BLEACH 1kg
156,000
FABRIC SOFTENER 1liter
81,000
PREWASH SPRAY 350gr
124,000
LOC PLUS WINDOW CLEANER 500ml
62,000
LOC METAL CLEANER 250gr
66,000
LOC PLUS SOFT CLEANSER DETERGENT DOUX 500ml
75,000
AMWAY LOC MULTI PURPOSE CLEANER 1liter
82,000
GREEN MEADOW AIR FRESHENER 100gr
72,000
PERSUE DISINFECTANT CLEANER 1liter
90,000
PERSUE TOILET BOWL CLEANER 750ml
108,000
DISH DROPS 1liter
127,000
DISH DROPS SCRUB BUDS 4buah
60,000




CAR WASH 1liter
77/59
SILICON GLAZE 500ml
107/82
NEW PISTOL GRIP SPRAYER

27,000
POUR/MEASURE CAP

17,000
TWISTED PUMP DISPENSE

17,000
SQUEEZE BOTTLE

13,000




ICOOK 1 ( LITRE SAUCEPAN&TUTUP+LITRE SAUCEPAN&TUTUP) 1set
3,640,000
ICOOK (LITRE SAUCEPEN&TUTUP)

1,268,000
ICOOK 4- LITRE STOCK POT&TUTUP

3,120,000
ICOOK 8-LITRE DUTCH OVEN&TUTUP

4,875,000
ICOOK (501082-501088)

4,615,000
ICOOK TRADITIONAL WOK

4,225,000
ICOOK PANCI ANTI LENGKET

2,243,000
ICOOK 1 SET JUNIOR SAUTE PAN&TUTP SENIOR SAUTEPAN&TUTUP

4,095,000
ICOOK PANCI ANTI LENGKET

4,355,000
ICOOK 1 SET JUNIOR (501084-501085)JUNIOR SAUTE PAN&TUTUP

6,500,000




ESPRING WATER TREATMENT SYSTEM 1unit
11,085,000
ESPRING SPAREPARTS ESPRING CARTRIDGE 1
1,541,000
ESPRING PRE-FILTER 1
195,000
TABUNG APF 1
878,000
MEDIA PROFEX

553,000
MEDIA ALKALI

553,000
MEDIA RESIN SOFTENER

553,000
UV LAMP AWTS

1,106,000
CARBON FILTER AWTS

875,000
ATMOSPHERE AIR TREATMENT SYSTEM 1unit
17,466,000
ATMOSPHERE ODOR FILTER 1
1,529,000
ATMOSPHERE PRE-FILTER 1
163,000
ATMOSPHERE HEPA FILTER 1
1,823,000
FLYER ATMOSPHERE LIPAT 10pak
3,000




NUTRIFARM AG 1liter
338,000
APSA-800 WSC 1liter
139,000
PANDUAN NUTRIFARM AG&APSA 10pak
4,000




TERI KRISPY 125gr
31,000
YOGURT EASIYO 1set
84,000
ABON SAPI 250gr
59,900
ABON AYAM 250gr
55,700
KERIPIK GRANDIS 250gr
42,700
TEH OOLONG 63 TEH CELUP 20sachet
29,200
TEH OOLONG TEH SEDUH 100gr
50,400




LULUR COKLAT&GREEN TEA 1pak/4 sachet
37,200
LULUR GREEN TEA 1pak/4 sachet
37,200
LULUR JAVANESE COLORLESS 1pak/4 sachet
42,000
BODY MASSAGE OIL REFRESHING 60ml
57,000
REFRESHING GREEN 100ml
48,400
SWEET BLOSSOM 100ml
48,400
TEXEL WOOL DUSTER

46,100
TELESCOPIC WOOL DUSTER 1
46,100
KAPAS SELECTION 70gr
28,500
MINYAK KAYU PUTIH 60ml
29,000
MINYAK TELON 60ml
31,000
SERI TK 1set
336,600
LOGICO PRIMO II (kreatifitas pra TK) 1set
336,600
SERI MATEMATIKA 1set
411,600
LOGICO PICCOLO III (matematika SD kelas 2) 1set
411,600
LOGICO MAXIMO I (matematika SD kelas 3) 1set
405,300
LOGICO MAXIMO III (matematika SD kelas 4) 1set
405,300
LOGICO MAXIMO IV (matematika SD kelas 5) 1set
405,300
SERI PENGETAHUAN UMUM (logico piccolo IV pengetahuan umum) 1set
405,300
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS BEGINNER) 1set
411,600
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS BEGINNER II) 1set
411,600
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS INTERMEDIATE) 1set
405,300
SERI BAHASA INGGRIS (BAHASA INGGRIS INTERMEDIATE II) 1set
405,300
PAPAN PRIMO

69,000
PAPAN PICCOLO

69,000
PAPAN MAXIMO

69,000
BROSUR LOGICO

3,000
CELANA DALAM WHITE S

81,900
CELANA DALAM WHITE M

81,900
CELANA DALAM WHITE L

81,900
CELANA DALAM WHITE XL

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR S

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR M

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR L

81,900
CELANA DALAM ASSORTED COLOR XL

81,900
EXECUTIVE SOCKS 3pasang
132,000
T-SHIRT S

73,400
T-SHIRT M

73,400
T-SHIRT L

73,400
T-SHIRT XL

73,400
SINGLET S

62,900
SINGLET M

62,900
SINGLET L

62,900
SINGLET XL

62,900
OIL (SB-MCO)SAE 20W-50 API SH 1liter
56,000
OIL SAE 10W-30 JASO MB 1liter
58,300
OIL SAE 5W-50 API SL/CH-4 1liter
114,300
OIL SAE 20W-50 API SL 1liter
71,600
OIL SAE 15W-40 API CI-4 1liter
71,600
FLO TANK 500ml
27,800
SHUNTON KAMPER 150gr
37,800
BERAS CIANJUR 5kg
78,100
BERAS MERAH 2kg
51,000
BUMBU INSTANS MERAH 330gr
32,000
KECAP MANIS 275ml
22,700
SAUS SAMBAL 400g
31,500
HERBAL GREEN TEA MAHKOTA DEWA 75g
67,500
HERBAL GREEN TEA KAYU MANIS 110gr
63,900
MADU HUTAN KALIMANTAN 300gr
116,100
MADU HUTAN SUMBAWA 300gr
109,100